DEG-GEGAN SAAT UJIAN? COBA DEH TIPS INI !


Bila seorang siswa ditanya tentang kapan saat-saat yang paling menegangkan di sekolah? Jawaban mereka mungkin saja berbeda-beda,   namun tak seorangpun akan menolak apalagi membantah jika ada yang menjawabnya  "saat ujian". Kalau menurut Anda lebih tegang mana sih? saat-saat sebelum ujian, pas saat lagi menempuh ujian, atau masa menunggu penumuman setelah mengikuti ujian? Bagi siswa yang mungkin merasa kurang PD alias percaya diri tentu akan deg-degan saat mengikuti ujian. Perasaan seperti itu bisa muncul karena beberapa hal, seperti : kurang persiapan belajar, badan kurang fit, atau suasana batin mungkin lagi kacau. Sebaliknya beberapa siswa tampil dengan optimisme tinggi karena merasa punya persiapan yang cukup, punya tri-trik jitu, dan memandang bahwa ujian itu merupakkan ajang untuk mewujudkan dan menampakkan eksistensi dirinya. Kalau sudah begini sikapnya, wahhh dijamin deh ujian setingkat apapun bakalan dijalani dengan menyenangkan dan memuaskan.
Nah kalau begitu, sebenarnya ujian tidak akan menakutkan jika kita sudah membekali diri dengan belajar sungguh-sungguh. Selain belajar, kita juga harus mempersiapkan hal-hal yang dapat menunjang keberhasilan dalam ujian. Ada trik yang efektif untukAnda  yang bisa dicoba dalam melaksanakan ujian supaya tidak nervous atau deg-degan :

1. Jagalah kesehatan tubuh agar tetap fit
Ketika hari-hari ujian tiba, kita harus bekerja keras untuk belajar atau mereview kembali pelajaran sebelumnya.  Menghafal tidak dilarang tapi gunakan kata-kata kunci dalam setiap uraian yang ingin Anda ingat atau hafal. Rumus jangan dihafal tapi digunakan dalam berlatih soal-soal. Dengan latihan, otomatis rumus akan terpatri di otak kita. Nah bila terlalu fokus ke hitungan dan hafalan terkadang kita lupa waktu dan lalai dengan kesehatan sendiri. Akibatnya badan ngedrop dan berujung pada sakit. Jika sakit, maka kita tidak bisa mengikuti ujian. Untuk itu aturlah waktu belajar dengan bijak agar tidak memakai "sistem kebut semalam".

2. Usahakan datang lebih awal
Keuntungan dari datang lebih awal adalah kita dapat mengulang apa yang kita pelajari semalam sambil mengingat kata-kata kunci. Jika dibandingkan dengan orang yang hanya belajar di waktu malam saja, orang yang mengulang-ulang belajarnya saat pagi hari dapat mengingat 3 kali lebih cepat dalam pelajaran hafalan.

3. Tetap percaya diri dan tenang
Kebanyakan orang yang telah mempersiapkan diri dengan belajar sebelum ujian tetap rentan gagal dalam hari ujiannya karena mereka kurang percaya diri sehingga mereka hanya akan berpikir seakan-akan mereka "menyerah sebelum berperang". Untuk itu cobalah tetap tenang karena semua hal dapat dilakukan dengan baik jika kita memiliki sikap tenang. Jadi tenaaaaang !

4. Jawablah pertanyaan yang strategis
Mungkin terkadang ketika kita menemukan soal yang sulit, kita akan terpaku diam saja sampai menemukan jawaban tersebut. Sikap ini salah karena dapat membuang waktu sia-sia. Untuk itu kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu karena dengan mengerjakan soal yang mudah, kita dapat memaksimalkan waktu pada soal yang sulit. Untuk soal yang dapat dikerjakan pada saat terakhir adalah soal yang paling susah, soal yang membutuhkan penalaran dan tentu saja waktu yang lama untuk menjawab soal tersebut.

5. Ketahuilah jawaban yang harus ditebak saat ujian pilihan ganda
Mula-mula abaikan jawaban yang kita sudah tahu pasti salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kita tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawaban kita biasanya benar jangan menggantinya kecuali bila yakin akan koreksi yang dilakukan.

6. Ketika mengerjakan soal ujian uraian pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk uraian dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin di tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kita pikirkan lebih lanjut.

7. Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

8. Luangkanlah beberapa menit untuk mengecek kembali soal yang sudah dikerjakan tadi
Cobalah cek soal-soal yang sudah dikerjakan dan selesai. Mungkin ada soal yang terlewat atau salah mengisi jawaban karena untuk menghindari ketika sebenarnya soal tersebut mudah dijawab namun ternyata jawaban yang kita berikan salah

Mudah-mudahan trik ini dapat menjadi salah satu solusi yang berguna bagi pembaca yang mungkin sedang mengikuti ujian. Semoga sukses dan jangan lupa biasakan berprilaku jujur kapan dan di manapun Anda berada !


Blog, Updated at: 10:14 PM

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan !

Like Facebook

Total Tayangan Laman

Suka Belajar Matematika?