Pengumuman Peserta OSN Guru tingkat Nasional 2013

foto peraih medali emas OSN Guru 2012 bersama panitia pusat.
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Apakah Bapak dan Ibu telah mengikuti seleksi OSN Guru tingkat provinsi pada tanggal 25 s.d. 26 Juni 2013 ?
Jika ya, maka Bapak dan Ibu pasti dengan harap-harap optimis ( mudah-mudahan tidak cemas ) menantikan pengumuman hasil seleksi tersebut. Dan meski pengumuman ini telah dirilis oleh pusbangprodik beberapa hari yang lalu, saya juga ingin turut berperan dalam menyebarluaskan informasi ini kepada khalayak dan terkhusus peserta OSN Guru ini.
Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh pusbangprodik ini. Meski baru memasuki tahun ketiga, tapi animo guru di daerah sangat-sangat positif. Bapak dan Ibu tentu mahfum bahwa untuk ikut berkompetisi dalam ajang sekaliber OSN Guru, Seorang peserta harus memiliki kapasitas dan kemampuan yang mumpuni. Pengalaman saja belum cukup jika tidak ditunjang dengan daya juang dan disiplin serta secara berkala  mengapdate knowledgenya. 

Selain kesan positif, saya juga punya saran dan kritik buat pihak pusbangprodik selaku pengelola OSN Guru.
Saya berharap pihak panitia pusat menyiapkan perangkat tes seleksi OSN Guru untuk tingkat kabupaten. Hal ini penting karena berdasarkan hasil wawancara saya dengan guru-guru peserta OSN Guru tahun lalu, saya mendapat informasi kalau sebagian besar daerah di seluruh Indonesia tidak melaksanakan seleksi tingkat kabupaten. Lalu dari mana peserta yang diutus ke tingkat provinsi ? Jawabannya adalah pihak Diknas Pendidikan kabupaten menunjuk dan memilih guru-guru yang dianggap ( istilah ini masih sangat subjektif dan alat ukurnya masih samar-samar ) hebat di wilayahnya. Dalam juknis OSN Guru tiap tahun sebenarnya sudah dijelaskan bahwa perangkat soal dan lembar jawaban untuk tingkat kabupaten/kota disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota namun hal tersebut belum sepenuh dikuti dan dipatuhi.
Yang kedua Saya berharap nantinya seleksi tingkat kabupaten OSN Guru dan OSN Siswa SD, SMP, SMA atau SMK bisa berbarengan alias bersamaan waktu pelaksanaannya. Kalaupun OSN SD, SMP, SMA, atau SMK memang kayaknya susah diseragamkan waktu pelaksanaannya karena terkendala sumber daya yang ada, namun bisa saja salah satunya saja yang bersamaan dengan OSN Guru. Kalau ini diakomodir tentu akan lebih seru. Jadi kelak akan terpilih sekolah yang benar-benar unggul dimana Guru dan siswanya sama-sama juara Olimpiade Sains Nasional. 

Akhirnya lewat postingan sederhana izinkan saya menyampaikan rasa hormat dan apresiasi tinggi kepada Bapak dan Ibu yang terpilih sebagai peserta OSN Guru tingkat Nasional 2013. Semoga prestasi Bapak dan Ibu menjadi amunisi kuat dalam memajukan pendidikan Indonesia. AMIN.

Bagi Bapak dan Ibu yang ingin mendownload dokumen seputar OSN Guru 2013 silakan klik link di bawah ini !

PEDOMAN PELAKSANAAN OSN GURU TINGKAT NASIONAL 2013
SURAT PEMANGGILAN PESERTA OSN GURU TINGKAT NASIONAL 2013
SK PENETAPAN PESERTA OSN GURU TINGKAT NASIONAL 2013


Blog, Updated at: 8:35 AM

4 komentar:

  1. untuk 2014 kapan pelaksanaannya?

    BalasHapus
  2. kapan osn guru untuk 2014
    ruslan-spd.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kapan ya pengumuman hasil seleksi OSN Guru propinsi 2014

    BalasHapus
  4. Sdh ada belum y pengumuman osn guru tk provinsi?

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan sopan !

Media Sosial

Like Facebook

Total Tayangan Halaman